Rahasia Sukses Perusahaan Terbesar di Amerika

Rahasia Sukses Perusahaan Terbesar di Amerika
Rahasia Sukses Perusahaan Terbesar

Rahasia Sukses Perusahaan Terbesar : Fakta nya Perusahaan terbesar Amerika bukan raksasa komputer IBM atau microsoft milik Bill Gates, bukan juga perusaan minyak dunia Exxon, perusahaan mobil General Motor atau Perusahaan General Electric yang pernah di pimpin Jazk Welch. Perusahaan Paling besar di Amerika dengan pendapatan setahun mencapai 260 miliar dolar adalah jaringan toko diskon, Wal-Mart.

Profil Wal-Mart web Wal-Mart

Empat anggota keluarga Walton, yakni Rob, Jim, Alice dan Helen Walton, semua nya masuk dalam 15 orang terkaya di Amerika. Kekayaan mereka masing-masing mencapai sekitar 20 miliar dolar. Jika semua digabungkan, mereka adalah keluarga terkaya di di Amerika. Kalau pendirinya Sam Walton masih hidup, ia akan lebih kaya dari Bill Gates.

Rahasia Sukses Perusahaan Terbesar di Amerika

Apa resep dari ikon dunia bisnis Amerika ini ? Apa Rahasia dari kekuatan dan kekayaannya yang begitu besar ?

Pendiri dan jiwa dari Wal-Mart adalah Sam Watson. Ia lahir pada 1918 di Kingfisher, Oklahoma. Sejak kecil, orang tuanya sudah mengajarinya untuk bekerja keras dan mencari uang sendiri. Setelah selesai kuliah, Sam sempat bekerja di toko retail J.C Pennery, tetapi kemudian keluar dan mendirikan toko kecilnya sendiri, toserba Ben Franklin, pada 1945. Sam adalah pengusaha kecil dan amatir, dan Amerika sudah di penuhi banyak toko besar yang jadi pesaingnya, Namun itu tidak penting.

Sam adalah orang yang senang belajar. Ia tidak takut dengan pesaing, bahkan pesaingnya yang paling besar atau yang paling kreatif. Malah ia selalu antusias ingin mengetahui kehebatanya. Siapa tahu nanti bisa menemukan rahasianya.

Ia selalu bersemangat jika melihat ada toko maju. mungkin produk produknya bagus atau berbeda, mungkin harganya lebih murah, mungkin lokasinya lebih mudah di jangkau semua orang, mungkin pegawai-pegawainya baik dan ramah. Sam pasti akan menemukan rahasia nya.

Belajar dari Yang Terbaik, Belajar Lebih Cepat dari Yang Lain

Rahasia kesuksesan itulah yang membuat ia penasaran dan bersemangat. Bersenjata kan buku catatan kecil, sam akan mempelajari harga mereka, produk apa saja yang dijual, cara cara promosi mereka, cara mereka melayani pelanggan dan apa saja yang bisa di pelajari. Semua itu lalu ia coba praktekan di tokonya.

Ia selalu mencari cara bagaimana bisa menadapatkan barang-barang dengan harga lebih murah. Sam akan jalan-jalan hingga ratusan kilometer untuk mencari pemasok yang lebih baik.

Lokasi juga penting, Malah ia suka menerbangkan pesawat kecilnya untuk melihat daerah-daerah yang bagus untuk bisnis. Kepadatan penduduk, demografi, jalur lalu lintas dan sebagainya begitu ia perhatikan. Kalau jalan-jalan keluar kota bersama keluarga, ia akan mengajak mereka untuk mengunjungi toko-toko paling bagus di daerah yang di kunjungi.

Pada 1960-an, ada tren baru, yaitu toko swalayan. Sam tidak mau ketinggalan dengan mendirikan Wal-Mart pada 1962. Karena selalu belajar dari pesaing-pesaingnya yang jauh lebih besar, seperti KMart atau sears, akhirnya toko-toko Sam juga makin baik dan sukses. Akan tetapi, Sam tidak pernah berpuas diri. Ia selalu mencari cara untuk semakin memajukan bisnisnya.

Lalu, Sam yang otaknya lumayan kreatif menemukan fakta baru, yaitu bahwa menjual dengan harga lebih rendah ternyata justru akan menciptakan laba total yang makin besar. Konsumen tidak hanya senang mereka juga akan memburu toko-toko yang berani memberikan harga termurah. Ini akhirnya menjadi filosofi utama dan cita-cita besar Wal-Mart : Harga Terendah. Sam akan memberikan harga terendah pada semua penduduk Amerika, setiap hari.

Filosofi utama dan cita-cita besar Wal-Mart

Bagaimana membuat harganya bisa sangat murah ?

Wal-Mart berusaha untuk tidak serakah sperti toko-toko lainya. Margin nya diperkecil. Namun, Tidak itu saja, Proses bisnisnya pun terus di perbesar efisiensinya. Penyalur-penyalur dicari yang lebih murah, perantara-perantara di potong, efisiensi transportasi produk dianalisis dan diperbaiki dan ada pengendalian persediaan sehingga yang dijual hanya yang paling menguntungkan.

Produk-produk juga di beli lebih banyak tetapi yang paling menguntungkan. Jadi diskon nya makin besar, Sistem dan teknologi baru juga akan digunakan untuk membuat proses produksi efisien. Belajar dari yang terbaik, Belajar lebih cepat dari yang lain

Sam Watson belajar macam-macam, termasuk teknologi baru. Pada 1966, ia mengunjungi sekolah IBM untuk mendapatkan orang-orang paling pintar yang bisa mendorong bisnisnya dengan memanfaatkan teknologi komputer.

Pada 1983 Wal-Mart juga menjadi perusahaan pertama di Amerika dan dunia yang menggunakan teknologi baru yang canggih, sistem informasi bisnis dan pelanggan dengan teknologi satelit. barang-barang yang paling laku, yang tidak laku, yang penjualan nya sedang naik atau turun di ribuan cabangnya, semua terpantau online dan realtime, terdeteksi saat itu juga secara mudah di kantor pusat Wal-Mart. Perusahaan ini sampai sekarang adalah pengguna sistem teknologi informasi terbesar di dunia, dan bahkan katanya hanya kalah oleh sistem intelejen komputer Pentagon.

Belajar dari Rahasia Sukses Perusahaan Terbesar di Amerika Wal-Mart

Namun, ini mungkin yang paling membuat Sam dan Wal-Mart populer. Sam mencintai Karyawannya. Sam selalu ada bersama karyawanya untuk membantu dan menyemangati mereka. Ia menyediakan waktu untuk karyawannya, membawakan donat dan kopi bagi yang bekerja malam, mendengarkan cerita-cerita mereka, juga memberikan mereka semangat dan motivasi.

Sam juga membatu karywan-karyawannya yang membutuhkan. Ia juga tidak pernah hidup berlebihan. Hidupnya sederhana. Mobilnya bukan mobil mewah dan kalau kemana-mana ia naik pesawat kelas tiga. Ia selalu rendah hati pada semua orang dan tidak sombong. Sam adalah orang besar.

Wal-Mart sekarang telah menjadi perusahaan bernilai ratusan miliar dolar, toko-tokonya tersebar di seluruh Amerika dan dunia. Dan, Rahasianya tidak muluk-muluk. Selalu belajar, belajar dari yang terbaik, belajar lebih cepat dari yang lain. cintai semua orang termasuk termasuk semua karyawan dan pelanggan, jadikan usaha anda bahagia.

Dan yang juga penting, hematlah pengeluaran anda, jangan serakah dan jangan lupa untuk selalu membantu orang lain.

Pada 1992, ia mendapat medali kehormatan, Presidential Medal of Freedom dari Presiden George Bush. Majalah Time juga memasukkanya dalam daftar 100 orang paling berpengaruh, Bulders and titans, abad ke -20.

Sam Watson seperti juga Henry Ford adalah inspirasi yang seharunya dipikirkan baik-baaik oleh semua bussineman di seluruh dunia, Intinya adalah untuk tidak berfikir bagaimana menguras dompet konsumennya, tetapi justru belajar memperbaiki sistem produksi sehingga biaya menajdi lebih efisien dan konsumen bisa menikmati harga yang makin murah, yang hasilnya justru akan lumayan menguntungkan.

Sam Waltson dan keluarganya adalah orang-orang paling kaya di Amerika, dan Wal-Mart juga menjadi perusahaan terbesar di Amerika.

Mencari lebih banyak inspirasi untuk membangun kejayaan masa depan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *