Parenting Quran Rumah Bina Quran Purwakarta

Parenting Quran Rumah Bina Quran Purwakarta
Parenting Quran Rumah Bina Quran Purwakarta

Rumah Bina Quran Purwakarta (RUBIQ) mengadakan TalkShow Parenting Quran bertema Sekeluarga Masuk Surga pada ahad (08/09/19) dengan nara sumber Hj Nurjanah Hulwani, Sag, ME Ketua Adara Relief International dan Ambu Hj Anne Ratna Mustika, SE Bupati Kabupaten Purwakarta.

antusiasme peserta parenting quran rumah bina quran purwakarta

TalkShow Parenting Quran yang di selengggrakan oleh Rumah Bina Quran Purwakarta (RUBIQ) ini bertempat di bale Yudistira, Pendopo Pemda Purwakarta dengan mengundang seluruh lembaga lembaga Qur’an dan masyarakat umum se kabupaten Purwakarta.

Acara ini mendapat sambutan yang meriah dan atusiasme yang sangat tinggi dari warga Purwakarta, sehingga gedung Yudistira tidak mampu menampung lebih dari 700 peserta yang hadir, sebagian terpaksa duduk di bawah, bahkan ada yang harus menunggu di luar ruangan.

Sambutan Ketua Rumah Bina Quran Purwakarta (RUBIQ)

sambutan ketua Rumah Bina Quran Purwakarta
sambutan ketua Rumah Bina Quran Purwakarta

Dalam sambutan nya Ust haryadi, Spd Ketua Rumah Bina Quran Purwakarta (RUBIQ) , menjelaskan bahwa Rumah Bina Quran Purwakarta (RUBIQ) sebagai salah satu lembaga yang concern terhadap pembelajaran Al quran di Purwakarta berkomitmen untuk mendidik dan mengajarkan alquran kepada siapa saja, di mana saja, kapan saja, sehingga alquran menjadi bagian tidak terpisahkan dari aktivitas warga Purwakarta.

Seminar Parenting Quran yang bertema sekeluarga masuk surga ini di maksudkan untuk memberi motivasi dan pencerahan bahwa mendidik anak anak dengan alquran merupakan kewajiban setiap orang tua.

Membaca Alquran tidak sulit tetapi mudah dan pasti bisa., belajar quran itu mudah, dekat dengan quran itu menyenangkan.

Sambutan Pembina Rumah Bina Quran Purwakarta (RUBIQ)

Sambutan Pembina Rumah Bina Quran Purwakarta
Sambutan Pembina Rumah Bina Quran Purwakarta

Dalam Acara tersebut pembina Rumah Bina Quran Purwakarta (RUBIQ) ust Dedi Juhari, menyampaikan sejarah singkat berdiri nya Rumah Bina Quran Purwakarta (RUBIQ) , visi, misi dan program kerja nya.

Di antara nya RUBIQ, ingin menjadi pusat rujukan pembelajaran quran bagi warga Purwakarta. Rubiq berkomitmen untuk menyediakan guru guru quran bagi siap saja yang membutuhkan.

Selain itu kita juga ingin, dengan ada nya Rubiq ini kegiatan quran yang ada di purwakarta menjadi lebih hidup lagi. Seluruh lembaga lembaga quran yang ada dapat bekerjasama dan bersinergi untuk membangun Purwkarta yang lebih baik lagi, Purwakarta yang lebih berkah. Demikian di sampaikan ust Dedi Juhari.

Rumah Bina Quran Purwakarta (RUBIQ) mempunya visi atau cita cita besar yang di rumuskan dalam bentuk taqline. 1 Rumah 1 Guru Quran atau 1 Rumah 1 Penghafal Quran.

Cita cita kami mewujudkan 1 Rumah 1 Guru Quran atau 1 Rumah 1 Penghafal Quran

Bukan tidak mungkin cita cita ini akan terwujud, dan bila hal ini terwujud nanti nya maka tidak akan adalagi buta huruf al quran di Purwakarta. Pada saat yang sama akan terbangun karakter istimewa pada anak dan warga Purwakarta.

Cita cita besar mewujudkan 1 Rumah 1 Guru quran tentu bukan hal mudah yang hanya di emban oleh 1 lembaga saja. Sinergitas dengan semua fihak utama nya Pemerintah Daerah tentu mutlak di perlukan.

Ust Dedi Juhari mengajak semua lembaga lemba Qur’an yang ada untuk dapat bekerjasama dan bersinergi dengan Rubiq juga tentunya dengan dukungan dari Pemerintah Daerah. Sehingga Purwakarta bisa menajdi lebih maju lagi, lebih Istimewa.

Sambutan Bupati Purwakarta

Sambutan Bupati Purwakarta
Sambutan Bupati Purwakarta

Bupati Purwakarta ambu Hj Anne Ratna Mustika, SE memberi apresiasi atas kiprah Rumah Bina Quran Purwakarta (RUBIQ). Beliau menyampaikan, apa yang dilakukan Rubiq sudah sesuai dan sinergi dengan visi dan program Pemerintah Daerah.

Di antara nya Pemerintah daerah saat ini akan mengembangkan wisata halal atau halal tourisme. Dimana terdapat 41 titik Destinasi Wisata Alam Purwakarta yang tersebar di seluruh wilayah Purwakarta, wisata halal termasuk di dalam nya.

Banyak Juga saat ini tempat tempat wisata diPurwakarta yang lagi hits, bukan hanya wisata alam nya dan taman taman nya tapi juga museum museum nya.

Pemerintah Daerah juga saat ini sedang mengembangkan perpustakaan besar, termasuk perpustakaan digital tentang sejarah islam, rencana nya perpustakaan ini akan berada di area Tajug Gede, Cilodong.

Mudah mudahan RUBIQ dapat menjadi mitra strategis Pemerintah Daerah dalam menghidupkan nuansa keislaman, memasyarakatkan alquran dan membetuk karakter yang berbudi luhur. Pesan ambu Anne mengakhiri sambutan nya.

Parenting Quran, Pesan Pesan Al Quran untuk Orang Tua

Parenting Quran Sekeluarga Masuk Surga
Parenting Quran Sekeluarga Masuk Surga

Ustdzah Hj Nurjanah Hulwani, SAg, ME memulai pemaparan nya dengan menceritakan pengalaman beliau ketika berkunjung ke Palestina. utama nya saat bliau selama beberapa waktu berada di gaza, negrinya para penghafal Alquran.

Bliau menceritakan sebuah pengalaman luar biasa saat menyaksikan di mana warga gaza yang terisolir. Di kurung dalam tembok besar dan hanya di beri jatah listik 4 jam sehari tetapi kehidupan mereka sangat bahagia bahkan anak anak nya sehat, kuat, cerdasd dan hafidz quran.

Bagi mereka keterbatasan, kekurangan, intimidasi dan teror bukan halangan untuk menghafal alquran. Justru kedekatan dan keintiman mereka dengan alquran itulah yang menjadi sumber kekuatan bagi mereka untuk bertahan dan menjalani takdir mereka sebagai penjaga al aqsa. Kiblat pertama umat Islam.

Ustdzah kemudian mengajak hadirin bertanya pada diri sendiri, kesulitan apa yang menghalangi kita di Indonesia yang kaya, aman dan damai ini untuk membaca alquran ?

Kesulitan apa yang menghalangi kita untuk mendidik anak anak kita dekat dengan Al Quran ?

Kesulitan apa yang menghalangi kita untuk menghafal Al Quran ?

Di sisa usia kita ini marilah kita kuatkan tekad, tanamkan azzam yang kuat jangan sampai kita mati sebelum bacaan quran kita benar. Jangan sampai kita mati tanpa membawa hafalan al quran, manfaatkan sisa usia yang ada untuk betul betul bersama alquran, karena kita tidak tahu kapan kematian akan menjemput.

Di hari akhir nanti bacaan quran kita itulah yang akan menjadi penolong, hafalan quran kita itulah yang akan menyelamatkan kita. Jadi jangan ada alasan untuk tidak membaca Al Quran.

Tidak ada yang menghalangi kita untuk membaca quran kecuali dosa dosa kita. Tidak ada yang memberatkan kita untuk membaca alquran kecuali maksiat yang kita lakukan.

Karena nya paksakan !. Paksa jiwa kita untuk tunduk, paksa nafsu kita untuk tunduk, baca quran maka akan berguguranlah dosa dosa itu.

Makin sering kita membaca al quran dengan penuh kekhusuan makin lama akan terasa makin ringan dan makin nikmat, dan pada akhirnya kita akan merasakan kenikmatan tiada tara hidup bersama al quran.

Ustadzah mencontohkan orang orang yang pernah beliau temui, ada yang sudah berusia lanjut baru mulai membaca alquran tapi bisa menghafal nya.

Ada orang yang cacat tubuh nya tetapi dekat dengan alquran dan bisa mengahfal alquran.

Ada anak anak belia yang sudah bisa bisa menghafal alquran 30 juz pada usia yang masih anak anak.

Pesan Penting Untuk Orang Tua

Pemberian Penghargaan Kepada Peserta Yang Anak nya telah Hafal Alquran Lebih dari 5 Juz
Pemberian Penghargaan Kepada Peserta Yang Anak nya telah Hafal Alquran Lebih dari 5 Juz

ustdazah memberi pesan penting untuk orang tua. Parenting quran ini penting di fahami oleh setiap orang tua muslim, jangan memaksa anak tapi berilah contoh. Berilah teladan karena perbuatan orang tua akan berdampak besar pada anak.

Sebagai orang tua baik ayah maupun ibu berusahalah sekuat tenaga untuk hanya memberi nafkah halal pada anak anak nya. Seorang ayah mempunyai peran penting dalam memberi teladan pada anak anak nya.

Ajak anak pergi kemasjid bersama, tuntun dan bersamai anak anak dalam membaca al quran. Biarkan anak anak melihat dengan mata kepala mereka sendiri ayah dan ibu nya adalah para pembaca al quran.

Biarkan anak anak menyaksikan ayah dan ibunya adalah para penghafal al quran. Dengan demikian suasana rumah penuh dengan ruh alquran dan anak pun termotivasi bersemangat membaca alquran.

Kondisi saat ini tidak sulit bagi kita untuk belajar membaca alquran dan sangat mudah untuk mendapatkan mushaf alquran. Sangat banyak di jual alquran hafalan dan alquran tulis untuk anak belajar membaca dan menulis alquran.

Pada akhirnya keteladan Oranag Tua menjadi magnet paling kuat bagi anak, dekat dengan alquran adalah karunia dari Allah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *