7 Cara Menghadapi Istri Yang Marah Marah

7 Cara Menghadapi Istri Yang Marah Marah
7 Cara Menghadapi Istri Yang Marah Marah

7 Cara Menghadapi Istri Yang Marah Marah : Tanpa sebab, tiba tiba istri menjadi marah dan mengucapkan kalimat kalimat yang menyerang dan menyalahkankamu. Jadi bingung dan kesel kan, aku mesti gimana ?

Bersabarlah, kamu mungkin gak salah, dan jangan menutup kemungkinan bahwa dia juga mungkin gak salah. Ketika aktu Istri marah, sebagai suami kita mesti ingat bahwa pada saat itu, untuk sementara waktu ia lupa betapa luar biasanya sang suami.

Sekali lagi dia hanya sedang lupa betapa indahnya kehidupan kalian berdua selama ini, separah parahnya marah dia hanya sedang lupa.

“Mereka mengkufuri pergaulan makruf dan perbuatan suami nya. Apabila kamu berbuat baik pada mereka sepanjang umur, lalu dia mengalami sesuatu yang tidak menyenangkannya, dia lalu berkata “kamu belum pernah berbuat baik sedikitpun padaku” (HR Bukhari)

pernah di katai begitu ? maka bersabarlah ! lalu lakukan tindakan wajib berikut ini :

7 Cara Menghadapi Istri Yang Marah Marah

  1. Ketika kamu merasakan atau minimal menyangka istri sedang marah, jangan menunggu dia memulai pembicaraan. ketika suami dengan penuh kepedulian dan perhatian memulai pembicaran, tindakan ini akan mengurangi tekanan emosi nya.
  2. Ketika kamu membiarkannya berbicara, mendengarkan perasaan perasaannya, dan menikmati keluhan-keluhannya, ingatkan diri sendiri tidak ada gunanya ikutan marah ketika istri lagi marah.
  3. Klo kamu ingin menyela, membela diri atau meluruskan fakta tahanlah hajat itu dan simpan dulu dalam-dalam. Jangan Menyela nya. Seperti pesan Nabi :
    “Aku menjaminkan sebuah rumah di surga untuk orang yang meninggalkan perdebatan meskipun dia benar” (HR Muslim)
  4. Saat kamu tidak tahu apa yang harus di katakan, jangan mengatakan apapun juga, diam sajalah. ingatlah selalu pesan ini :
    “Barangsiapa beriman pada Allah dan Hari akhir, hendaklah ia mengatakan yang baik atau diam. (HR Bukhari Muslim)
  5. Jika istri tak mau bicara, ajukan lebih banyak pertanyaa agar ia bersedia membuka diri, jangan melawan diam nya dengan diam, ia akan merasa di abaikan. Perhatikan nasehat ini :
    “Diantara akhlaq seorang muslim adalah berbicara dengan baik, bila mendengarkan pembicaraan ia tekun, bila berjumpa orang ia menyambut dengan wajah ceria dan bila berjanji ia menepati (HR Ad Dailami)
  6. Meski yang kita lakukan benar, jangan menghakimi perasaan istri tentang perasaan perasaan nya terhadap kita.
  7. Tetaplah tenang dan semakin merapatkan diri untuk mengunci rekasi reaksi kita. bereaksilah dengan respon yang menunjukka penerimaan, kepedulian dan pemahaman.

Teladan Dalam Menghadapi Istri

Suatu hari datanglah seorang laki laki kerumah Amirul Mukminin Umar bin Khatab untuk mengadukan kelakuan istrinya. Beberapa saat lamanya ia menunggu di depan pintu rumah, kemudian ia mendengar suara istri Amirul Mukminin sedang menghamburkan kata kata kasar kepada suami nya, tetapi ummar Diam dan tidak menyahut.

Lelaki itupun berundur, melihat kepada dirinya dan berkat “Keadaanku – maksudnya klo Umar saja di perlakukan begitu, apalagi aku.

Ya Amirul Mukminin, ucapnya sendu “Aku datang untuk memberitahukan perihal istriku. Ia sanga cerewet dan suka mengucapkan perkataan kasar kepadaku. Akan tetapi, aku telah mendengar sendiri, bahwa istri anda sama dengan istriku. Lalu akupun berfikir, kalau istri Amirul Mukminin begitu, apatah lagi istriku”.

Adapun aku, kata Umar, aku tabah dan sabar menghadapi kenyataan itu karena ia menunaikan kewajiban kewajiban dengan baik, Dialah yang memasak makananku, dia yang membuatkan roti untukku, dia yang mencuci pakaianku, dia yang menyusui anak anakku padahal itu bukan kewajibanya sepenuhnya.

Dan dia juga menentramkan hatiku sehingga aku dapat menjauhkan diri dari perbuatan haram, karena itulah aku tabah dan sabar mendengarkan apa saja yang dikatakanya mengenai diriku.

saudaraku, bersabarlah menghadapi istrimu. kejadian itu hanya sebentar.

[ patriapurwakarta.com ]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *