Umur Ummat Islam, Al Mahdi dan Hari Kiamat

Hari Kiamat“Sesungguhnya Hari Kiamat  itu akan datang, Aku merahasiakan (waktunya) agar supaya tiap-tiap diri itu dibalas dengan apa yang ia usahakan,”

(QS Thaha : 15)

 

Umur Ummat Islam

Berdasarkan beberapa hadits shahih disebutkan, umur ummat Muhammad 1500 tahun. Sementara sekarang sudah tahun 1438 H.  Dimana kita tahu, 1 H ditandai dengan hijrahnya Nabi dan para sahabat dari Mekkah ke Madinah yang terjadi pada tahun ke-13 masa kenabian Muhammad SAW. Itu berarti 1438H + 13 tahun kenabian di Mekkah = 1451 tahun. Dengan demikian, sisa masa Umat Islam = 1500 – 1451 =  49 tahun lagi sebelum tibanya Hari Kiamat

 

Menurut Al Imam Ibnu Hajar Al ‘Asqalani: “Para Ahli Naql telah sepakat bahwa masa (umur) bangsa Yahudi–sejak diutusnya Musa as–sampai diutusnya Muhammad saw adalah lebih dari 2000 tahun. Dan umur Nasrani dari jumlah itu sebanyak 600 tahun. Satu pendapat mengatakan lebih sedikit dari itu” (Fathul-Barri juz IV hlm. 449)

Ini artinya, umur Yahudi ialah 2000 tahun lebih – 600 = 1400 tahun lebih. Ust Amin Muhammad Jamaluddin mengatakan, menurut para ahli sejarah, “lebih” yang dimaksud adalah seratus tahun lebih sedikit, sehingga umur umat Yahudi adalah kurang lebih 1500 tahun.

Nah, masa 600 tahun untuk umur Nasrani itu berdasarkan HR Al Bukhari dari Salman, “Masa fatrah (kevakuman) antara Isa as dan Muhammad saw adalah 600 tahun.”.

Adapun ‘tambahan’ umur untuk umat Muhammad terdapat dalam hadits berikut:

Sesungguhnya Allah tidak akan melemahkanku, yaitu pada umatku, jika Ia mengulur (umur) mereka setengah hari, yaitu 500 tahun.” (HR Abu Nu’aim dalam Al Hilyah. LIhat Fathul Kabir juz II hlm. 126 No: 1807)

Jadi, umur umat Muhammad saw = umur umat Yahudi – umur umat Nasrani = 1500 (lebih sedikit) – 600 = 900 tahun lebih sedikit ditambah 500 tahun = 1400 tahun lebih sedikit.

Nah, “lebih sedikit” ini, menurut para ahli sejarah, sekitar 100 tahun. Maka dapat disimpulkan, umur ummat Islam adalah sekitar 1500 tahun sampai tibanya Hari Kiamat.

 

Menurut Imam Suyuthi, Umur umat Islam adalah jumlah umur dunia dikurangi dengan umur-umur Nabi/Rasul sejak Nabi Adam  alaihi salam hingga diutusnya Nabi Muhammad SAW.  Perhitungan umur umat Islam menurut beliau terdiri dari 3 bagian iaitu:

  • Perhitungan umur dunia
  • Perhitungan umur umat-umat yang terdahulu sejak Nabi Adam hingga diutusnya Nabi Muhammad  shallallahu ‘alaihi wa sallam
  • Perhitungan jarak waktu sejak ditutupnya pintu taubat (yaitu sejak matahari terbit di barat) hingga  ketika Tiupan Pertama sangkakala kiamat.Dimana kemudian akan didapat rumus bahwa: Umur umat Islam = [1. Umur dunia] – [2. Umur umat terdahulu] – [3. Jarak waktu]Perhitungan umur duniaDari Abu Hurairah ia berkata bahwa Rasulullah shallallahualaihi wasallam bersabda: “Hari yang terbit  matahari padanya yang paling baik adalah hari jumat, pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu ia  dimasukkan ke dalam surga, pada hari itu pula ia dikeluarkan darinya, dan tidak akan terjadi hari kiamat  kecuali pada hari jumat. HR. Muslim, Tirmizi & Ahmad]Dari hadis diatas diketahui bahwa perhitungan umur dunia dihitung sejak dikeluarkannya Nabi Adam alaihis  salam ke bumi hingga saat kiamat adalah dari hari Jumat ke hari Jumat, yaitu berlalu selama 1 minggu  akhirat (7 hari akhirat).Sedangkan dalam Al Quran surah 32 As Sajdah ayat 5 yang berbunyi:

    “DIA mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepada-NYA dalam satu hari yang  kadarnya adalah seribu tahun menurut perhitunganmu”.

    Maka dapat diketahui bahwa 1 (satu) hari disisi ALLAH itu adalah 1000 tahun dunia. Jadi umur dunia  adalah 7000 tahun.

    Perhitungan umat yang terdahulu

    Dari Ibnu Abbas, dari (cerita) Rasulullah sollallahu ‘alaihi wasallam (kepadanya), kemudian ia berkata:  “Umur Adam adalah 1000 tahun”. Kemudian ia berkata: Antara Adam dengan Nuh adalah 1000 tahun,  dan antara Nuh dengan Ibrahim adalah 1000 tahun, dan antara Ibrahim dengan Musa adalah 700 tahun,  dan antara Musa dengan Isa adalah 1500 tahun, sedangkan antara Isa dengan Nabi kita adalah 600 tahun.[HR. Hakim]

    Jadi dapat dihitung bahwa masa (umur umat terdahulu) adalah 1000 + 1000 + 700 + 1500 + 600 = 4800  tahun.

    Nabi Adam adalah manusia pertama, sehingga umur dunia tidak dihitung dari tahun sebelum Adam,  melainkan dihitung sejak beliau diturunkan ke bumi.

    Kesimpulan menurut Imam Suyuthi Umur dunia = umur umat terdahulu + umur umat Islam + masa hari akhir dimana telah kita ketahui bahwa: Perhitungan umur dunia adalah 7000 tahun, Perhitungan umur umat-umat terdahulu adalah 4800 tahun, Perhitungan masa sejak ditolaknya syahadat hingga kiamat adalah 700 tahun

    Sehingga dapat dihitung,Umur umat Islam = 7000 – 4800 – 700 = 1500 tahun

    Kemudian dikurangi dengan masa kenabian dan kerasulan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam,  sehingga didapat bahwa sisa umur umat Islam adalah: 1500 – 23 = 1477 tahun

 

5 Fase Perjalan Ummat Islam

Dari Nukman bin Basyir, katanya, ‘Suatu ketika kami sedang duduk2 di Masjid Nabawi dan Basyir itu seorang yg tidak banyak bercakap.Datanglah Abu Saklabah lalu berkata

” Wahai Basyir bin Saad, adakah kamu hafaz hadis Rasulullah tentang para pemerintah?’

Huzaifah RA lalu segera menjawab.” Aku hafal akan khutbah Rasulullah SAW itu.” Maka duduklah Abu Saklabah Al Khusyna untuk mendengar hadis berkenaan.

Maka kata Huzaifah RA, Rasulullah SAW telah bersabda. “Telah berlaku Zaman Kenabian ke atas kamu, maka berlakulah Zaman Kenabian sebagaimana yang Allah kehendaki.

Kemudian Allah mengangkat zaman itu seperti yg Dia kehendaki.

”Kemudian belakulah zaman Kekhalifahan (Khulafaur Rasyidin) yang berjalan sepertimana Zaman Kenabian. Maka berlakulah zaman itu sebagaimana yang Allah kehendaki.

Kemudian Allah mengangkatnya.

Lalu berlakulah zaman raja-raja yang zalim ( malikun a’adhun/zaman kesultanan ). Berlakulah zaman itu seperti yang Allah kehendaki.

Kemudian Allah mengangkatnya pula.

Kemudian berlakulah zaman penguasa diktator (mulkan jabbariyan/penguasa yang memaksakan ideologi yang bukan ideologi islam, dan hukum yang bukan dari hukum islam) dan berlakulah zaman itu seperti mana yang Allah kehendaki.

Kemudian berlakulah pula zaman kekhalifahan yang berjalan di atas cara hidup Zaman Kenabian.”

Kemudian Rasulullah SAW pun diam.

(Hadits diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal di dalam kitabnya Musnad Al Imam Ahmad bin Hanbal, Juzuk 4, halaman 273. Juga terdapat dalam kitab As-Silsilatus Sahihah, Jilid 1, hadis nombor 5.)

berdasarkan riwayat tersebut Ummat Islam akan mengalami 5 Fase dalam perjalanan sejarahnya, yaitu :

  1. Zaman Kenabian (Nubuwwah) dan rahmat
  2. Zaman Khulafaurrasyidin dan rahmat
  3. Zaman pemerintahan raja-raja yang zalim (kerajaan-kerajaan Islam)
  4. Zaman penguasa diktator pembawa fasad dan kegelapan
  5. Zaman Khalifah atau Ummah kedua yang berjalan diatas cara hidup zaman kenabian yakni zaman pemerintahan Imam Mahdi dan Nabi Isa.

saat ini kita hidup fase yang ke 4 (mulkan jabbariyan) dan akan memasuki fase yang ke 5 atau fase yang terakhir sebelum datangnya Hari Kiamat

 

Tanda Tanda Hari Kiamat

 

Menurut al qur’an surat Thaha:15  “Sesungguhnya hari kiamat itu akan datang, Aku merahasiakan (waktunya) agar supaya tiap-tiap diri itu dibalas dengan apa yang ia usahakan,” tidak  ada yang tahu soal kiamat kecuali Allah swt. Sebagaimana firman-Nya.

Dengan demikian tiada seorang pun mengetahui kapan hari kiamat akan tiba, Allah swt hanya memberikan tanda-tanda Hari Kiamat akan terjadi

 

Tanda tanda Kiamat Pertama ( Alamaatu Al-Ula)

  • Wafatnya  Rosulullah
  • Bebasnya Baitul maqdis
  • menyebarnya penyakit Thaun di Anwas dll

 

Tanda tanda Kiamat Pertengahan ( Al-Wustho)

 Tanda-Tanda Yang Sudah Muncul Namun Sebagiannya Akan Terulang Kembali

  • Datangnya berbagai fitnah ((HR. Ibnu Majah no. 3963), (HR. At-Tirmidzi dalam Sunannya no. 2205, dan beliau berkata: “hasan shahih),” (HR. Ibnu Hibban dalam Shahihnya no. 6706), (HR. Ibnu Majah no. 4039), (HR. Ahmad, Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, Al-Albani: IV/2231), (HR. Muslim, Mukhtasar Muslim no. 1989), (HR. Muslim dalam Kitab Al-Fitan, Bab Nuzul Al-Fitnah Nahwasy Syarqi, Mukhtasar Muslim no 1997) dan (HR. Al-Bukhari dan Muslim, Misykah Al-Mashabih: 111/21).
  • Meluasnya perdagangan, salam hanya kepada yang dikenali dan putusnya silaturrahimHamba sahaya wanita melahirkan tuannya ((HR. Ahmad, Silsilah Ahadits Ash-Shahihah no. 6872), dan (HR. Imam Ahmad dalam Musnadnya no. 6872).)
  • Hamba sahaya wanita melahirkan tuannya, ((HR. Al-Bukhari no. 1 dan Muslim no. 1907) dan (Hadits yang dikeluarkan oleh Imam Ahmad dalam Musnadnya: 318-319))
  • Konspirasi bangsa-bangsa terhadap umat Islam (HR. Abu daud, Ibnu Asakir, Ahmad dalam Musnad-nya, Abu Nu’aim dalam Al-Hilyah, serta disebutkan Al-Albani dalam Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: II/684 (958) dan (HR. Muslim dalam Shahihnya no. 2289).

 

Tanda-Tanda Yang Akan Muncul Pada Zaman Kita dan Kebanyakan Peristiwanya Kita Alami

  • Wanita-wanita yang berpakaian tapi telanjang, (Shahih Muslim no. 2128)
  • Menghiasi masjid dan berbangga-bangga dengannya, (HR. Abu Daud, Ahmad dalam Musnadnya, Ad-Darimi, dan telah diriwayatkan dalam Shahih Al-Jami’: 5771) dan (Tartib Ahadits Al-Jami’ Ash-Shaghir dan penambahannya: I/234 (1), bab Bina’ Al-Masjid)
  • Berlomba-lomba meninggikan bangunan, (dikeluarkan Imam Ahmad dalam Musnad-nya: 318-319, dan disebutkan pula oleh Al-Albani dalam Silsilah Ahadits Ash-Shahihah: 1345)
  • Harta melimpah ruah, (HR. Al-Bukhari dalam Shahihnya, kitab Al-Jihad). 
  • Memakan harta riba, (HR. Al-Hakim dalam Mustadraknya. Hadits ini shahih menurut syarat Al-Bukhari dan Muslim, Al-Mustadrak: 11/11).
  • Amanah disia-siakan
  • Meniru perilaku orang-orang kafir
  • Dihalalkannya sutera, khamar dan zina
  • Tersebarnya buku, tulisan dan pena
  • Mati tiba-tiba
  • Pasar-pasar (pusat perdagangan dan perbelanjaan) berdekatan
  • Para orang tua menyerupai pemuda
  • Banyaknya pembohongan dan kesaksian palsu
  • Kebenaran mimpi orang mukmin
  • Orang hina mendapatkan Kedudukan/ kehormatan
  • Orang yang berpegang pada agama bagaikan memegang bara api
  • Berlakunya permusuhan dalam hati
  • Jazirah Arab penuh dengan taman-taman dan sungai-sungai
  • Ilmu digunakan untuk mencari harta dan Al-Quran digunakan untuk perdagangan
  • Munculnya kebodohan manusia dan saling menolak menjadi imam shalat
  • Munculnya pemimpin-pemimpin bodoh
  • Munculnya polisi akhir zaman yang kejam dengan manusia
  • Turunnya cobaan dan siksaan berat dari penguasa zalim
  • Seseorang berangan-angan untuk mati
  • Sore beriman, pagi menjadi kafir kembali
  • Sungai Eufrat kering dan menyingkap gunung emas atau timbunan emas
  • Danau Tiberias mengering
  • Fitnah dahsyat yang membinasakan bangsa Arab
  • Banyak kemusyrikan di kalangan umat Islam
  • Munculnya seorang lelaki dari Qahthan yang dipatuhi manusia
  • Muncul berbagai fitnah/ Nabi Palsu
  • Bumi mengeluarkan kekayaannya yang terpendam
  • Kaum muslimin akan memerangi Yahudi dan mengalahkan mereka
  • Jumlah wanita lebih banyak daripada jumlah laki-laki
  • Merebaknya zina/Prostitusi  dan perbuatan keji
  • Banyak kematian, gempa dan hujan
  • Binatang buas dan benda mati dapat berbicara
  • Merajalelanya alat musik
    Bulan kelihatan membesar
  • Perbuatan Klenik merajalela
  • Gurun Arab jadi kebun
  • Berhubungan intim di jalan
    Banyaknya Bencana Alam, gempa bumi, tsunami
  • Dihalalkannya khamer
  • Turis Membanjiri Masjid dan Rumah Ibadah
  • Tampilnya orang Fasiq di masjid

Rosul bersabda :

Terjadinya Hari Kiamat itu ada tanda tandanya.Rosulullah di tanya; Apa tanda tanda nya, Beliau bersabda “ Tampilnya orang orang Fasiq di masjid masjid dan kemenangan pengikut kemungkaran atas pengikut kebaikan. (HR Abu Nuaim)

Tampilnya orang Fasiq di masjid adalah tampilnya orang kafir di masjid untuk kepentingan politiknya

  • Mengeringnya Danau Tiberias
  • Munculnya sebuah bangsa yang mendominasi dengan 5 ciri positif, menurut HR Imam Muslim, ke enam ciri tersebut adalah :
  1. Mereka adalah bangsa yang paling ulet mengadapi fitnah,
  2. Bangsa yang cepat bangkit saat di timpa krisis
  3. Cepat bersatu setelah bercerai
  4. Paling santun terhadap orang miskin
  5. Paling bagus dan rupawan

Mereka adalah dari bangsa Romawi yang akan mendominasi akhir zaman dan para ulama mutaakhirin di antaranya Syekh Ahmad Syakir menyimpulkan bahwa Romawi di sini adalah Turky.

 

Tanda Kiamat Besar

Tanda tanda Hari Kiamat itu bagaikan marjan marjan yang di susun di rangkai dengan kawat (atau kabel) Bila kabel itu putus maka sebahagian mengikuti sebahagiannya ( Musnad Imam Ahmad)

 

Perang Akhir zaman

Rasulullah SAW bersabda :

Kalian akan mengadakan perdamaian dengan bangasa Rum dalam keadaan aman,lalu kalian akan berperang bersama mereka melawan satu musuh dari belakang ,lalu kalian selamat dan akan mendapatkan harta rampasan perang (HR Imam Ahmad,Abu Dawud,Ibnu Majah)

 

Munculnya Imam Mahdi (Nama aslinya Muhammad bin Abdullah Al-Fathimi Al Quraisy)

Beliau menetap dan berkuasa di Bumi 7-9 tahun. HR Abu Dawud & Al Hakim (Fase ke 5 yaitu fase Nubuwah) memerangi musuh musuh Islam, Beliau muncul saat wafatnya seorang kholifah, muncul dari arah timur. Dalam hal ini para ulama berbeda Pendapat Apakah khilafah Rosyidah itu Imam Mahdi atau yang lainya, sebagian ulama menyimpulkan bahwa  Khilafah ala  Naahji Nubuwah adalah Imam Mahdi.

Rosulullah bersbada :

Setelah zamanku akan muncul para Kholifah,kemudian muncul para amir dan setelah para amir akan muncul para raja setelah para raja muncul para dictator kemudian muncul seorang laki laki yang berasal dari umatku yang akan memenuhi bumi dengan keadilan (HR Thabrani)

 

Perang Melawan Persia

Rasulullah bersabda :

Kalian akan memerangi Negri Persia dan Allah akan menaklukannya untukmu ( HR Muslim)

Menurut sebagain pendapat mereka adalah kelompok Syiah Iran yang merupakan musuh Ahli Sunah wal Jama`ah. Mereka Jengkel karena Imam Mahdi bukan dari Imam mereka.  Mereka berangkat untuk memerang Imam Mahdi namun dalam peperanganya Imam Mahdi berhasil mengalahkannya

 

Pengkhianata Romawi dan Kedatangan Mereka Untuk Menyerang

Kaum Romawi menghianati Kaum Muslimin setelah perang akhir zaman. Mereka menyusun makar untuk menyerang kaum muslimin dengan mengerahkan 80 bendera yang masing masing bendera 12.000 tentara

(HR ImamAhmad, Abu Daud dan Ibn Majah)

 

Malhamah kubro

Ini merupakan pertempuran terdahsyat antara kaum muslimin dengan Romawi,  pertempuran ini tidak lagi menggunakan senjata modern karena sudah musnah pada perang akhir zaman.

Terjadi disebuah daerah yg bernama gutah dekat kota Damaskus. Dipimpin langsung oleh Imam Mahdi. Perang ini berlangsung 4 hari berturut turut, 1/3 lari dari pertempuran,1/3 Syahid dan 1/3 lagi yang akan memenangkan peperangan ini.

Penaklukan Konstantin

Keunikan peristiwa ini adalah di taklukannya konstantin tanpa menggunakan pedang atau panah namun hanya dengan Tahlil dan Takbir. Peristiwa ini terjadi berbarengan dengan munculnya Dajjal

Rosul saw bersabda :

“ Tidakakan terjadi kiamah sehingga ia di serang oleh 70.000 dari bani ishak,ketika mereka telah di sana maka mereka memasukinya,Mereka tidaklah berperang dengan senjata dan tidak melepaskan satu anak panah pun ,mereka hanya berkata ‘Laa ilaaha illallaah wallaahu Akbar maka jatuhlah salah satu bagian dari kota itu, kemudian membaca lagi yg ke dua kalinya maka jatulah bagian kota lainya dan mereka memasukinya dan yang ketiga kalinya dan akhirnya terbukalah semua bagian kota dan ketika mereka  telah membagikan  Gonimah tiba tiba datang seseorang yang berteriak , Sesungguhnya Dajal telah keluar akhirnya mereka meninggalkan segala sesuatu dari gonimah dan kembali

(HR Muslim)

Munculnya Dajjal

Ia keturunan Adam, tubuhnya gemuk,rambutnya keriting,kulitnya merah,Matanya buta sebelah, kakinya bengkok .ia akan keluar di celah antara Syam dan Iraq, akan berbuat kerusakan di kiri dan kanan (HR.Muslim) atau keluar dari arah timur dari khurosan kampung Yahudi kota Ashbahan (HR Ahmad dan Abu Dawud)

Ia merupakan fitnah terbesar yang akan di hadapi kaum muslimin. Masa hidupnya 40 hari, satu hari pertama seperti satu tahun,hari kedua seperti sebulan dan ketiga sepekan

Ia akan keluar bersama 70 ribu Yahudi yang berjubah hijau tidak berjahit

 

Turun nya Isa Al Masih

Ketika Dajjal melihat Isa Al-masih maka tubuhnya meleleh seperti melelehnya garam dalam air kemudian ia terbunuh oleh Nabi Isa.

Rosulullah saw menggambarkan ciri cirinya,Ia bertubuh sedang, berkulit merah dan berbulu,dadanya bidang,rambutnya lurus seperti baru keluar dari pemandian yang di sisir rapi. Ia akan keluar di menara timur Damaskus,di saat kaum muslimin hendak melaksanakan shalat berjamaah, turunnya di apit oleh dua malaikat. Ia mengenakan dua pakaian yg di celup oleh minyak waras dan za`faran (HR Muslim)

Beliau turun saat shalat sedang di iqomati,beliau sholat di belakang kaum muslimin bersama Imam Mahdi, kemudian beliau memimpin perang melawan Dajjal yang di ikuti 70 ribu yahudi.

Perang Melawan Yahudi

Ini merupakan perang terakhir melawan Yahudi, Dalam perang ini pemimpin mereka Dajjal terbunuh bersama 70 ribu Yahudi.

Rosul bersabda :

Tidak akan terjadi hari kiamat sehingga kaum muslimin memerang kaum Yahudi dan membunuh mereka, sehingga bersembunyilah seorang Yahudi di belakang batu atau kayu,lantas batu atau kayu tadi berkata :Wahai orang muslim wahai hamba Allah Ini ada orang Yahudi di belakang saya, kemarilah dan bunuhlah ia, kecuali pohon Garqad, karena ia termasuk pohon Yahudi

HR Bukhori dan Muslim

Perang dengan Bangsa Turk

Ada yang berpendapat bahwa bangsa Turk adalah Orang China,Rusia Jepang ,Mongol dan yang sejenisnya, wallahualam.

Rosul saw bersabda :

Tidak akan terjadi hari kiamat sehingga kamu memerangi kaum yang terompah mereka  terbuat dari  bulu,sehingga kamu memerangi bangsa Turk yang bermata sipit,bermuka merah dan berhidung pesek,mukanya seperti perisai yang lengkung (HR Bukhori 6/604)

Munculnya Ya’juj dan Ma’juj

 

Mereka adalah keuturunan Yafidz dari nabi Nuh, mereka turun ke dunia untuk berbuat kerusakan, tidak ada satu pun yang sanggup melawanya sehingga akhirnya nabi Isa berdoa kepada Allah agar membinasakannya .

mereka adalah kaum yang beringas yang akan turun dari tempat tinggi saat mereka turun mereka akan mendatangi danau Thabariah dan meminum nya sampai habis saat itu nabi musa dan kaum muslimin bertahan di gunung dan tidak mampu menghadapinya hingga kaum muslimin memohon kepada nabi Isa unuk berdoa agar Allah membinasakan mereka.

Nabi isa pun berdoa, akhirnya Allah mengirimkan ulat dari langit yang menggerogoti tubuh mereka .

Kaum Ya’juj wa ma’juj masih berada di dalam dinding yang dulu pernah dibangun oleh raja Dzulqarnain dengan menggunakan besi dan tembaga yang dicor.

Menurut sebuah riwayat, dinding tersebut terletak di sebuah pegunungnan kaukakus antara Turki dan Rusia,dan dinding tersebut tidak akan hancur kecuali setelah datangnya janji Allah kepada mereka,yaitu diakhir masa nabi Isa dan Imam Mahdi. [ lihat tanda tanda kiamat:273- 285]

 

Masa masa Aman

Masa-masa aman ini mulai terjadi di akhir masa kehidupan Nabi Isa dan Imam Mahdi, yaitu setelah Nabi Isa menghancurkan salib, membunuh babi, menolak upeti dan melimpahkan harta sehingga tidak seorangpun yang mau menerima pemberian (hibah).

Kemudian Nabi Isa memadamkan segala sebab peperangan, dan manusia  akan hidup dalam suatu masa yang belum pernah dirasakan sebelumnya.

Maka terhapuslah rasa iri, dengki dan permusuhan, setiap binatang berbisa tidak lagi berbisa, hingga seorang anak yang memasukkan tangannya ke mulut ular akan merasa aman, srigala yang bersama domba tidak akan menerkam, binatang buas seperti singa dan lainnya akan menjadi jinak, bumi akan menebarkan keberkahan dan menurunkan kebaikannya.

 

Wafatnya Isa dan Imam Mahdi

Nabi Isa dan Imam Mahdi hidup satu masa. Setelah tujuh tahun tinggal di dunia, maka Allah mewafatkan keduanya. Mereka akan di sholati oleh orang-orang muslim (Ahmad : 2 : 406, Fathul Bari : 6 : 493)

 

Terbitnya Matahari Dari Barat

Sebelum terbitnya matahari dari barat, ia akan di dahului oleh waktu malam yang sangat panjang, hingga disebutkan bahwa seorang muslim telah mengerjakan shalat malam hingga letih dan telah tidur hingga pulas, namun subuh belum juga menjelang. Jika ini telah dirasakan, pertanda bahwa esok pagi matahari akan terbit dari barat. Peristiwa ini hanya terjadi satu hari, keesokannya matahari akan terbit sebagaimana biasanya. (lihat Fathul Bari, Kitabur Riqaq juz II)

Rosulullah bersabda :

tidak akan terjadi kiamat ….hingga matahari terbit dari barat,maka berimanlah semua manusia .Maka saat itulah ketika iman seseorang tidak bermanfa’at lagi bagi dirinya yang belum beriman sebelum itu, atau dia belum mengusahakan kebaikan dalam masa imannya. (HR.Bukhari 13:81-82)

Keluarnya BInatang Bumi yang Dapat Berbicara

Binatang tersebut akan keluar dari Makkah Mukarromah,dari masjid yang terbesar. Dia akan keluar tiga kali, Pertama di lembah,kemudian sembunyi lalu keluar disuatu desa ,kemudian sembunyi dan yang ketiga akan muncul dari Makkah.

Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka , kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka,bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.

(QS An Naml : 82 )

“akan muncul binatang itu dengan membawa tongkat Musa dan cincin Sulaiman, lalu memberi tanda kepada orang kafir” (HR Ahmad 115:79-82 shahih )

Binatang itu akan memberi tanda pada setiap manusia Nampak siapa yang beriman dan siapa yang kafir

 

Keluarnya Asap

Asap ini akan menyebabkan seorang mukmin seperti demam, sedangkan kepada orang kafir akan menyebabkan seperti malepuh dan keluar asap dari telinganya (tafsir Ath Thabari : 25/114)

Asap ini muncul sebagai peringatan awal bagi orang-orang kafir, ia akan berjalan selam 40 hari dan meliputi seluruh manusia. Oleh karena itu , setelah kemunculan asap ini, akan datang angin yang lembut dari arah Yaman yang akan mencabut nyawa setiap orang mukmin.

 

*Di sampaikan Oleh KH Hasan Sobari pada acara mabit di Masjid Al Amin, Purwakarta tgl 31/12/2016

patriapurwakarta.com

 

 

 

 

 

 

 

Tersimpan di Religi Dengan label: ,
%d blogger menyukai ini: