Mengapa Talenta Saja Tidak Cukup

Mengapa Talenta Saja Tidak CukupMengapa Talenta Saja Tidak Cukup. Apa itu talenta ? Secara sederhana, talenta adalah kualitas diri yang unik yang melekat pada pribadi seseorang sehingga membuatnya memiliki keunggulan tertentu dibandingkan orang lain.

Kita jawab pertanyaan mengapa Talenta Saja Tidak Cukup ini dengan menyimak buku  karangan John C Maxwell berjudul Talent is Never Enough. Pengarang buku ini dikenal sebagai ahli di bidang kepemimpinan dan menjadi pengarang serta pembicara dengan pengalaman 30 tahun lebih di bidangnya.

 

Mengapa Talenta Saja Tidak Cukup

Banyak anggapan bahwa jika seseorang memiliki talenta di bidang tertentu, maka dia bisa menjadi yang terbaik di bidangnya. Atau minimal menunjukkan prestasi yang mengagumkan di bidang tersebut.

Tapi mengapa ada orang yang sebenarnya memiliki talenta tidak bisa menghasilkan prestasi yang baik?

Apa perbedaan antara seseorang yang memiliki talenta dan berprestasi di bidangnya dengan orang lain yang juga memiliki talenta tapi menunjukkan prestasi biasa-biasa saja?

Pertanyaan inilah yang coba dijawab oleh buku ini

 

Seseorang yang memiliki talenta tapi tidak mengambil tindakan yang diperlukan maka dia tidak pernah mendapatkan hasil yang diharapkan.

Seseorang yang memiliki talenta tapi tidak fokus pada bidangnya maka dia tidak akan dapat meningkatkan prestasinya.

Seseorang yang memiliki talenta tapi tidak berlatih maka dia tidak akan mencapai kesempurnaan dalam karya nya.

Dengan demikian, seseorang yang memiliki talenta perlu melakukan tindakan-tindakan yang tepat untuk mengasah dan memanfaatkan talenta tersebut agar menjadi kekuatan diri dalam berkarya, sederhana nya kira kira begitulah Mengapa Talenta Saja Tidak Cukup untuk membawa seseorang pada opuncak sukses.

 

Keyakinan Akan Talenta Diri

Langkah pertama yang perlu dilakukan setiap orang adalah percaya dan yakin bahwa kita semua memiliki talenta yang unik. Tidak ada manusia yang lebih unggul dari yang lain. Seseorang boleh jadi hebat dalam bidang tertentu tapi pasti punya kelemahan di bidang yang lain. Sebaliknya jika kita lemah dalam bidang tertentu pasti juga punya kekuatan di bidang yang lain.

Kepercayaan akan talenta diri ini menjadi penting. Kita harus menyadari ada potensi besar dalam setiap insan. Talenta yang kita miliki sekaligus menjadi arah untuk misi hidup kita yang bermanfaat bagi orang banyak.

Keyakinan ini sekaligus akan membuat kita percaya pada diri sendiri. Keyakinan akan menentukan harapan, aksi dan hasil yang kita inginkan.

Ingat, banyak orang gagal bukan karena tidak memiliki talenta, tapi lebih sering karena tidak percaya atau tidak yakin bahwa dirinya punya talenta tersebut.

 

Bagaimana Memanfaatkan Talenta?

Kalau Kamu sudah yakin dan menemukan secercah gambaran talenta yang kamu miliki, langkah selanjutnya adalah memanfaatkan talenta tadi.

Tahap pertama adalah persiapan. Bagian ini mengajarkan agar kita mempersiapkan diri dengan baik sampai talenta tersebut matang.

Tahukah Kamu apa yang dilakukan musisi terbaik agar bisa tampil maksimal dalam pertunjukan berdurasi 5 menit? Ya, dia berlatih habis-habisan berjam-jam sebelumnya.

Tahukah Kamu apa yang dilakukan oleh juara renang dunia yang berhasil memegang beberapa rekor terbaik? Dia mempersiapkan diri setiap hari sehingga menang dalam pertandingan yang hanya berlangsung 25 detik.

Tahap kedua adalah latihan yang teratur. Pepatah mengatakan “practice makes perfect.” Latihan yang baik dan benar akan mengasah talenta yang dimiliki dan membantu untuk menemukan kekuatan diri kita yang sebenarnya. Dengan latihan teratur sekaligus mengajarkan kedisiplinan.

Tahap ketiga adalah pantang menyerah. Ada kalanya talenta yang telah dipersiapkan dan diasah dalam berbagai latihan belum menunjukkan hasil yang maksimal. Kunci untuk mencapai ke sana adalah pantang menyerah dan terus menerus tanpa kenal lelah berjuang mengasah dan memperbaiki talenta yang kita miliki.

Sikap ini yang akan memastikan talenta kita akan menciptakan kesuksesan yang langgeng. Tidak hanya menang sekali untuk kemudian tenggelam.

 

Meningkatkan Kualitas Talenta

Setelah berhasil memanfaatkan talenta, sekarang adalah waktunya untuk meningkatkan talenta tersebut sehingga lebih baik lagi dari sebelumnya.

 

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk itu yakni:

Keberanian. Keberanian dalam mencoba sesuatu yang baru sekaligus menghitung resiko yang ada dengan cermat akan menunjukkan kekuatan talenta Kamu yang sebenarnya.

Coba perhatikan orang-orang besar di mana mereka berani melangkah dan mengambil tindakan yang orang lain mungkin akan ragu untuk melakukan. Namun keberanian tersebutlah yang membuat mereka berbeda dari orang lain sekaligus menunjukkan kekuatan talenta yang mereka miliki sebenar-benarnya.

Karakter. Ada orang yang berpotensi dan bertalenta tinggi namun memiliki sikap dan karakter yang kurang baik. Ingat, tanpa memiliki karakter yang baik dan kuat seseorang tidak akan bisa bertahan untuk masa yang panjang. Bisa jadi dia sukses hari ini dengan talentanya tapi akan segera redup karena kerendahan karakternya.

Terus Belajar. Memiliki talenta yang baik bukan berarti berhenti belajar melainkan terus menerus mengembangkan diri termasuk dari orang lain.

Kesalahan besar yang dilakukan orang bertalenta adalah menganggap dirinya yang terbaik sehingga tidak merasa perlu belajar dari orang lain. Adapun sikap yang seharusnya dimiliki adalah membuka diri untuk terus belajar meskipun kita salah seorang ahli di bidang yang ditekuni tadi.

Ingat, keahlian akan terus menguat seiring dengan proses belajar dan semakin melemah dengan tidak belajar.

 

Perbesar Dampak Talenta Kamu

Jika kualitas talenta sudah mulai tampak dan berkembang, proses terakhir yang perlu dilakukan adalah bagaimana memperbesar dampak atau pengaruhnya. Hal ini dapat dilakukan dengan membina hubungan, tanggung jawab dan kerjasama.

Membina hubungan yang baik dengan orang lain yang juga bertalenta akan memberi pengaruh positif bagi diri. Adanya hubungan dengan orang lain akan membuka proses saling memberi dan saling menerima. Di sana terjadi proses saling mempengaruhi dalam hal yang positif.

Seorang yang benar-benar bertalenta harus bertanggung jawab, baik terhadap diri sendiri maupun masyarakatnya. Perhatikan banyak orang bertalenta namun tidak bertanggung jawab gagal karena keburukan tingkah laku mereka. Mereka yang tadinya dihargai dan dipuji berbalik dicerca karena tidak mengindahkan norma-norma yang berlaku di masyarakat.

Setiap diri kita pasti memiliki talenta apakah kita sudah mengenalinya atau belum. Temukanlah talenta tersebut dan miliki keyakinan akan talenta yang Kamu miliki.

Kerjasama seringkali tidak mudah buat orang bertalenta karena merasa dirinya lebih dibandingkan orang lain. Padahal tidak ada orang bertalenta super sekalipun yang bisa mengalahkan sekelompok orang yang bekerjasama secara super. Dengan kerjasama akan memperbesar dampak dari talenta Kamu sekaligus memberi nilai tambah bagi semua orang.

 

Terakhir

Setiap orang unik dan hebat. Allah  Maha Adil. Tidak mungkin orang tertentu hanya diberikan kelebihan saja sementara yang lain hanya diberikan kekurangan saja.

Setiap diri kita pasti memiliki talenta apakah kita sudah mengenalinya atau belum. Temukanlah talenta tersebut dan miliki keyakinan akan talenta yang Kamu miliki.

Hanya dengan tindakan yang tepat dan benar Kamu akan bisa memanfaatkan talenta sehingga bermanfaat. Jangan cepat berpuas dan berbangga diri sebab jika Kamu punya talenta, orang lain juga demikian. Maksimalkan talenta Kamu, berbagilah dengan orang lain sekaligus ambil manfaat yang banyak dari orang di sekitar Kamu.

Selamat menemukan talenta dan berkarya di bidang yang sesuai dengan kemampuan alami diri kita masing-masing. mudah mudahan pemaparan ini cukup menjawab pertanyaan awal tadi Mengapa Talenta Saja Tidak Cukup.

 

Sumber tulisan : www.muhammadnoer.com

 

Tersimpan di Gagasan Dengan label: ,
%d blogger menyukai ini: