Kemuliaan Membaca Al Quran

Kemuliaan Membaca Al Quran

membaca Al Quran dalam setiap kesempatan

Seorang ulama besar, Ibnu Shalah (wafat tahun 643 H), penulis kitab ‘al-Muaqaddimah, sebuah karya terbesar di bidang ilmu hadits, mengatakan,

 

“Membaca al-Quran merupakan satu kemuliaan yang diberikan Allah Swt kepada umat manusia. Sesungguhnya para malaikat tidak diberikan kemulian itu. Mereka merindukan diberikan kemuliaan tersebut agar dapat mendengarnya.” (al-Itqan fi Ulum al-Qur’an 1/291) [1]

Berusahala untuk selalu membaca Al Quran tidak kurang dari 1 juz perhari, ajarkan dan ajaklah anak anakmu membaca Al Quran bersama denganmu, berusahalah sekuat kemampuan untuk selalu membaca Al Quran dalam setiap kesempatan.

Berikut adalah beberapa Kemuliaan Membaca Al Quran :

Al Quran adalah Kalamullah

 

Kitab yang Mubarak (diberkahi) QS. 6 : 92

 

“Dan ini (Al Quran) kitab yang telah kami turunkan dengan penuh berkah, membenarkan kitab-kitab yang (di turunkan) sebelumnya dan agar Engkau memberi peringatan kepada (penduduk) Ummul Qura (Mekah) dan orang-orang yang di sekitarnya. Orang-orang yang beriman kepada (kenidupan) akherat tentu beriman kepadanya (Al Quran) dan mereka selalu memelihara shalatnya”

 

Menuntun kepada jalan yang lurus Qs. 17 : 9

 

“Sungguh Al Quran ini member petunjuk ke (jalan) yang paling lurus dan member kabar gembira kepada orang mukmin yang mengerjakan kebajikan, bahwa mereka akan mendapat pahala yang besar”

 

Tidak ada sedikitpun kebatilan di dalamnya QS. 41: 42

 

“(yang) tidak akan di datangi oleh kebatilan baik dari depan maupun dari belakang (pada masa lalu dan yang akan dating) yang di turunkan dari Tuhan Yang Masa Bijaksana Maha Terpuji”

 

Membaca Al Quran adalah sebaik-baik amal perbuatan.
Rasulullah bersabda :

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar dan mengajarkan Al Quran”

HR Al Bukhariy dari Utsman bin Affan.

 

Al Quran akan menjadi syafi’ penolong di hari kiamat.

Rasulullah bersabda : Bacalah Al Quran sesungguhnya ia akan menjadi penolong pembacanya di hari kiamat ”

HR Muslim dari Abu Umamah.

 

Beserta para malaikat yang mulia di hari kiamat.
Sabda Nabi :

“Orang yang membaca Al Quran dan dia lancar membacanya akan bersama para malaikat yang mulia dan baik. Dan orang yang membaca Al Quran  dengan terbata-bata, ia mendapatkan dua pahala “

Muttafaq alaih dari Aisyah ra.

Aroma orang beriman.

“Perumpamaan orang beriman yang membaca Al Quran adalah bagaikan buah utrujah, oromanya harum dan rasanya nikmat

 

Penyebab terangkatnya kaum. Sabda Nabi :

“Sesungguhnya Allah akan mengangkat suatu kaum dengan kitab ini dan akan menjatuhkannya dengan kitab ini pula”

 HR Muslim dari Umar bin Khatthab.

Turunnya rahmah dan sakinah.
Sabda Nabi :

“Tidak ada satu kaum yang mereka sedang berdzikir kepada Allah, kecuali para malaikat akan mengitarinya, dan rahmat Allah akan tercurah kepadanya, dan sakinah (kedamaian) akan turun di atasnya, dan Allah akan sebutkan mereka pada malaikat yang ada di sisi-Nya.

HR. At Tirmidziy dan Ibn Majah dari Abu Hurairah dan Abu Said.

 

Memperoleh kebajikan yang berlipat ganda.

Dari Ibnu Mas’ud ra berkata : Rasulullah SAW bersabda:”Barang siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah, maka ia akan memperoleh satu hasanah (kebajikan). Dan satu hasanah akan dilipat gandakan menjadi sepuluh, saya tidak katakan alif lam mim satu huruf, akan tetapi ali satu hurf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.

HR At Tirmidziy

Bukti hati yang terjaga

Dari Ibn Abbas ra berkata : Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya orang yang di hatinya tidak ada sesuatupun dari Al Quran, maka ia bagaikan rumah kosong.

HR At Tirmidziy.  

 

 

 

Tersimpan di Religi Dengan label:
%d blogger menyukai ini: