Berapa Kekayaan Raja Arab Saudi?

Kekayaan Raja Arab SaudiKeluarga kerajaan Arab Saudi sudah terbiasa hidup mewah. Beberapa diantaranya bahkan memiliki jumlah harta yang sangat banyak, persisnya berapa Kekayaan Raja Arab Saudi ?

Salah satu tokoh keluarga kerajaan Arab yang paling menjadi sorotan adalah Raja Arab Saudi Salman bin Abdul aziz Al Saud. Pria berusia 80 tahun ini diangkat menjadi raja menggantikan kakaknya, Raja Abdullah, yang meninggal dunia pada 25 Januari 2015 silam.

Lahir dan besar di keluarga bangsawan, tentu membuat Raja Salman lekat dengan gaya hidup mewah. Lalu berapa Kekayaan Raja Arab Saudi,  Raja Salman bin Abdul aziz Al Saud ?

Melansir Gazettereview.com, Sabtu (25/2/2017), Raja Arab Saudi ini ditaksir memiliki kekayaan US$ 18 miliar atau setara Rp 240 triliun (Kurs 1 US$ = Rp 13.333). Kekayaannya bersumber dari berbagai hal seperti warisan hingga investasi di beberapa perusahaan properti dan minyak.

Walau begitu, jumlah kekayaan yang dimiliki oleh Raja Salman masih tidak seberapa dengan total kekayaan keluarga kerajaan Arab Saudi. Menurut perhitungan Forbes, total kekayaan keluarga Kerajaan Arab Saudi mencapai US$ 1,4 triliun atau sekitar Rp 18.620 triliun.

Total jumlah anggota keluarga Kerajaan Arab Saudi mencapai 15.000 orang. Namun hanya sekitar 2.000 orang yang termasuk super kaya dan dipercaya mengelola kekayaan keluarga.

Selain kaya, Raja Salman juga gemar menghibahkan kekayaannya untuk amal. Hingga saat ini kerajaan Arab Saudi telah menyumbang sebanyak US$ 115 miliar untuk 90 negara di dunia.

Setelah dilantik, Raja Salman juga dilaporkan membagikan US$ 20,7 miliar untuk donasi bagi warganya.

Lahir dan besar di keluarga bangsawan, tentu membuat Raja Salman lekat dengan gaya hidup mewah. Dari tempat tinggal berlapis emas hingga liburan dengan anggaran fantastis, berikut gaya hidup mewah Raja Arab Saudi seperti dilaporkan CBSnews.com:

 

1. Punya kapal pesiar sepanjang lapangan sepak bola

Kapal pesiar milik raja Arab dilaporkan sering terparkir di lokasi liburan favoritnya di Marbella, Spanyol. Kapal pesiar tersebut memiliki panjang setara lapangan sepak bola.

Berbagai fasilitas juga dimilikinya termasuk ruang perjamuannya sendiri, kamar tidur untuk 30 orang dan kru kapal lebih dari 20 orang.

 

2. Liburan mewah

Bukan pertama kali raja Arab Saudi memboyong keluarganya untuk berlibur. Keluarga kerajaan ini pernah berlibur ke maladewa dengan biaya mencapai US$ 30 juta atau setara Rp 400 miliar (Kurs 1 US$ = Rp 13.333.). Saat berlibur, Raja Salman dilaporkan menyewa hingga tiga resor mewah untuk tempat menginap keluarga kerajaan.

3. Berbagai istana pribadi

Di bawah pemerintahan Raja Salman, raja ini membangun istana baru bernama Erga Palace yang terletak di Riyadh, Arab Saudi. Tempat ini pun sangat eksklusif sehingga keluarga non kerajaan dilarang masuk ke tempat ini.

 

4. Harta kekayaan berlimpah

Tidak diketahui dengan pasti berapa kekayaan yang dimiliki oleh keluarga kerayaan Arab Saudi. Namun dengan banyaknya aset yang dimiliki keluarga ini, kekayaan yang dimiliki ditaksir mencapai US$ 1,4 triliun.

 

5. Selalu dikawal 100 pengawal

Selama berlibur di Maladewa, dikabarkan bahwa pangeran Arab Saudi selalu dikawal dengan penjaga sebanyak kurang lebih 100 orang.

 

6. Furnitur berlapis emas

Tidak banyak yang mengetahui dengan jelas bagaimana desain interior dari istana miliki keluarga kerajaan Arab. Namun salah seorang wartawan asing pernah membeberkan bahwa ia pernah melihat dispenser berlapis emas saat berkunjung ke salah satu istana. Beberapa kursi dan furnitur di istana tersebut juga dikabarkan terbuat dari emas.

 

foto dan sumber : https://www.msn.com/

Tersimpan di Sisi Lain Dengan label: ,
%d blogger menyukai ini: