Eksotisme Wisata Alam Purwakarta

Wisata Alam Purwakarta  adalah tujuan wisata ahir pekan yang sangat Istimewa bersama keluarga,

Kabupaten Purwakarta yang kecil dan cantik ini mudah di jangkau dari manapun dan Wisata Alam nya pun elok tak terkira, Purwakarta Istimewa, Purwakarta Keren, Purwakarta Banget.

Ada Wisata Alam curuq Cipurut, sumber air panas Ciracas, situ wanayasa, danau jatiluhur, gunung parang, gunung lembu dan gunung bongkok

1.Wisata Alam Curuq Cipurut

 

Wisata Alam Curuq Cipurut berada di kaki gunung Burangrang, Wisata Alam air terjun ini memiliki 3 curuq, dua di antaranya cukup landai dan cocok di gunakan untuk berkemah, berpetualang atau sekedar foto foto narsis.

 

 

2. Situ Wanayasa

Wisata Alam

foto : flickr.com

Situ Wanayasa adalah Danau alam dengan luas sekitar ±7 ha, Danau ini berada pada ketinggian 600 m DPL dengan udara yang sejuk berlatar belakang pemandangan Gunung Burangrang. Di tengah danau terdapat sebuah pulau kecil dimana terdapat makam RA. Suriawinata.

Beliau adalah seorang pendiri Purwakarta yang juga Bupati Karawang ke-9 yang meninggal pada tahun 1827.

Selain wisata Danau yang Indah, di sekitaran situ Wanayasa ini pun terdapat berbagai objek wisata lain yang tak kalah indah nya.  Di sini ada sumber air panas Ciracas (±8 km dari Situ Wanayasa) dan air terjun Curug Cipurut yang berjarak kurang lebih 3 km arah selatan Wanayasa.

Belum lagi di sini banyak penjual sate maranggi yang sudah dikenal sebagai salah satu kuliner khas Purwakarta

 

3. Sumber Air Panas Ciracas

ciracasSumber Air Panas Ciracas terletak di kaki bukit, tepatnya di desa ciracas, Kecamatan Kiarapedes. Berjarak sekitar 8 KM dari Situ Wanayasa. Lokasi Sumber Air Panas di kelilingi hamparn swah dan pepohonan hijau, sehingga udara nya terasa sejuk dan nyaman.

 

 

4. Danau Jatiluhur

jatiluhurWaduk Jatiluhur merupakan pioner bendungan pertama di Indonesia. Bangunan yang mampu menampung jutaan kubik air ini dibangun pada tahun 1957 oleh kontraktor berkebangsaan Prancis. Lokasinya tidak jauh dari Gerbang tol Jatiluhur, Purwakarta. Jika Anda hendak liburan melalui jalur Selatan, tidak ada salahnya untuk mengunjungi salah satu waduk terbesar di Indonesia ini.

Jadi jika ke Purwakarta jangan lupa sempatkan mampir ke pelabuhan biru di danau jatiluhur, makan ikan bakar sambil menikmati matahari tenggalam di danau jatiluhur, Waduk Jatiluhur adalah pilihan destinasi wisata romatis yang melankolis

selain menyajikan pemandangan yang indah, wisata adventure ke kolam jaring apung di danau merupakan pengalaman wisata yang tak kan terlupakan.

5. Wisata Alam Gunung Parang

gunung parangSalah satu tempat bagi pecinta panjat tebing pastilah mengenal Badega Gunung Parang. Lokasinya berada di Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta. Selain bisa memacu adrenalin dengan memanjat tebing, Anda juga bisa menikmati kuliner khas Sunda dan belajar tentang kearifan lokal dari Purwakarta, gunung Parang adalah tujuan destinasi wisata adventure yang menantang.

 

6. Wisata Alam Gunung Lembu

Gunung Lembu  terletak di desa Panyindangan, kecamatan Sukatani ini, mulai menjadi primadona di kalangan pendaki.  Dari atas Gunung Lembu ini kita bisa menyaksikan pesona  Waduk Jatiluhur yang eksotis. Selain itu kita juga bisa melihat keindahan Gunung Parang dan Gunung Bongkok yang berdampingan.

 

 

7. Wisata Alam Gunung Bongkok

Gunung Bongkok adalah sebuah gunung batu dengan ketinggian 975 mdpl, terletak di Desa Cisarua, Kec. Tegalwaru purwakarta.

Meskipun lebih terlihat  sebagai sebuah bukit, namun Gunung Bongkok cukup menantang bagi pemula yang ingin mencoba memacu aderanlin dengan olahraga ekstrim.
Pendakian ke puncak biasanya dilakukan pada pagi hari.  Puncak dengan ketinggian sekitar 975 mdpl ini dapat ditempuh dengan waktu 1-1,5 jam dengan berjalan kaki santai. Ada beberapa titik yang perlu diwaspadai yaitu di titik pertama pada tanjakan 700 mdpl, titik kedua pada tanjakan 800 mdpl, dan titik ke tiga pada tanjakan 950 mdpl.

Tanjakan pada  titik pertama, kedua dan ketiga tersebut tersebut lumayan curam, terlebih lagi  jika hujan akan sangat licin. Untuk Pengamanan di ketiga titik tersebut sudah tersedia tali pengaman yang dipasang oleh relawan dari komunitas pendaki gunung untuk membantu wisatawan agar tetap merasa nyaman.

Di puncak Wisata Alam Gunung Bongkok, kita bisa menikmati Puncak Batu Tumpuk dengan pemandangan terlihat waduk Jatiluhur yang sangat indah.

kunjungi pula destinasi wisata istimewa lain nya di Purwakarta

Tonton Video Wisata Purwakata

 

Tersimpan di Sisi Lain Dengan label: , , , , , , , , , , , ,
%d blogger menyukai ini: