Daging Kambing Rendah Kolesterol

daging-kambingTahukah Anda? Bahwa daging kambing justru lebih rendah kandungan kolestrolnya dibandingkan dagig sapi, bahkan daging ayam? fakta berikut ini akan mengubah pandangan anda tentang kolesterol daging kambing

Fakta tentang Kolesterol daging Kambing

kolesterol

Tabel dikompilasi dari: USDA Handbook #8, 1989, Nutritive value of foods,Home and Garden Bulletin #72, USDA, Washington DC, U.S. Government Printing Office, 1981. Sumber: http://www.hilltopplaceranch.com/nutritionalvalue.html

 

Kandungan Kolesterol LEBIH RENDAH dibanding daging merah yang lain (lihat tabel komposisi)

Sumber: Proceedings Nutrition Society of Australia, 1997. Dari Juni Sumarmono PhD, Dosen Fakultas Peternakan UNSUD Purwokerto dalam majalah Infovet Edisi 112, 2003. (lihat disini: http://eljavinature.blogspot.co.id/2011/12/jangan-takut-makan-daging-kambing.html),

 

Kandungan Lemak Jenuh LEBIH RENDAH dibanding daging lain (lihat tabel komposisi)

Lemak Jenuh (Saturated Acid Fat), butuh waktu yang sangat lama untuk bisa diurai oleh tubuh. Ikatan reaksinya menjadi LDL (Low Density Lipo-protein), membentuk lapisan dinding dalam pembuluh darah, bisa menggumpal jadi plak, yang mengakibatkan penyempitan rongga aliran darah juga menjadikan pembuluh darah tidak fleksibel. Inilah sebab utama dari penyakit jantung, Hypertensi dan Stroke . Maka sering disebut Lemak Jenuh = Lemak Jahat.

 

Kandungan Zat Besi LEBIH TINGGI dibanding daging lain.

Zat Besi berperan penting untuk pengangkutan oksigen dan melancarkan aliran listrik dalam otak.
Dan bersama dengan DHA, Omega 3 dan vitamin B12, mampu meningkatkan perkembangan otak. Kandungan zat besi pada daging lebih mudah diserap tubuh dibanding zat besi yang ada pada sayuran maupun makanan olahan (sereal).
Diana Nur Fitri -Jurnal Teknologi Pangan Vol.1 No.1 2012 (lihat disini >> http://journal.ift.or.id/node/20)

Mempunyai banyak kandungan akan Mineral & Vitamin (Protein, Kalsium, Fosfor, Potasium, Selenium, Manganese, Niacin, Folate, Zing, Copper, Sodium, Vitamin; B1, B2, B3, B9, B12, E, K, Omega3, Omega6, dll)

Vitamin B12 atau sianokobalamin merupakan mikronutrien essensial yang hanya terdapat pada hewan dan tidak ditemukan pada sayuran & buah-buahan.

 

Lebih Orisinil & Alami dibanding daging lain

Zaman ini bidang peternakan menggunakan berbagai teknik rekayasa dalam program penggemukan hewan ternak hingga bisa lebih cepat & hasil daging yg lebih banyak, misalnya ayam.

Tidak seperti ternak lain yg mudah direkayasa pertumbuhanya, sedangkan kambing memiliki karakter khusus yang tidak dimiliki hewan lain, yaitu sulit untuk direkayasa pertumbuhanya.
Karena dibanding hewan ternak lain, kambing termasuk hewan ternak yang lebih sulit beradaptasi dan rentan (mudah mati) ketika mengalami perubahan-perubahan.

Selain itu, daging Kambing mempunyai tekstur dan rasa yang unik serta lebih enak. Kalau cara masaknya bagus, mungkin Anda anda tidak akan menginginkan lagi daging yang lain selain daging kambing.

Tersimpan di Sisi Lain Dengan label: ,
%d blogger menyukai ini: