37 Kegiatan Liburan Paling Menyenangkan

kegiatan liburan paling menyenangkan bersama keluarga
kegiatan liburan paling seru bersama keluarga

37 Kegiatan Liburan Paling Menyenagkan. Musim liburan telah tiba, saat saat yang paling di tunggu oleh keluarga telah datang, terutama anak anak dan emak nya yang jauh jauh hari biasa nya mereka sudah membuat rencana untuk mengisi kegiatan  liburan nya.

Dan yang paling menyenangkan tentu liburan akhir tahun, selain liburnya panjang karena bertepatan dengan akhir tahuan ajaran juga libur natal dan tahun baru, pas momen ini biasa nya ayahpun dapat bonus akhir tahun, pas banget dah.

Banyak pilihan kegiatan liburan tentunya, berbagai tempat wisata bahkan jauh jauh hari sudah sebar iklan promo nya, tetapi kegiatan liburan seperti apakah yang menjadi pilihan ayah bunda ?

Pilihan bijak dalam menentukan kegiatan liburan tentunya menjadi keharusan bagi orang tua, jangan mentang mentang libur dan abnyak uang terus gak karu karuan.

Kegaiatan liburan yang baik tentunya yang membuat anak merasa gembira, nyaman, bertambah pengalaman yang mencerdaskan emosi maupun intelektual, sehat fisik maupun mental dan yang gak kalah penting ibu nya juga senang.

Psikolog anak dari Universitas Indonesia, Gisella Tani Pratiwi SPsi menuturkan bahwa dengan mengajak anak mengisi liburan dengan aktivitas seru, berarti orangtua juga memberikan manfaat yang baik untuk mereka.

Karena dengan kegiatan liburan yang menyenangkan ini, anak menjadi bahagia, dan bisa me-refresh kejenuhan yang ada saat masa-masa sekolah kemarin.

 

Berikut ini kami usulkan 37 Kegiatan Liburan Paling Menyenagkan yang bisa  kamu lakukan bersama keluarga

 

37 Kegiatan Liburan Paling Menyenangkan

 

jalan jalan di taman maksimalkan pagiSatu, Maksimalkan pagi hari: Bangunlah lebih pagi, mulai jogging atau jalan sehat di sekitar kompleks rumah. Bisa juga dengan mengajak anak jalan-jalan di taman kota dekat rumah. Yang domisili di Purwakarta bisa jalan-jalan di situ buled atau di taman taman indah Purwakarta Istimewa

 

Dua, Marathon film: Siapkan pop corn, minuman segar, dan beberapa DVD film favorit atau yang belum pernah ditonton bersama keluarga. Menonton film beramai-ramai pasti akan lebih seru, pilihlah film film ber genre keluarga dan edukatif.

 

Tiga, Membuat scrapbook: Kumpulkan foto-foto lama, siapkan kertas dan berbagai ornamen penghias dan mulailah membuat scrapbook. Tempatkan foto-foto lama di dalam scrapbook dan berkreasilah sesuka Anda.

 

Empat, Berkeliling kota: Saat liburan biasanya jalan raya agak lenggang, ajaklah keluarga kelililing keliling kota melihat lihat pemandangan yang ada, klo perlu naik delman dah seperti yang di lagu pavorite kita waktu itu

 

pada hari minggu ku turut ayah ke kota

naik delma istimewa ku duduk di muka

di samping pak kusir yang sedang bekerja

mengendali kuda

supaya baik jalan nya tuk tik tak tik tuk

 

Lima, Menata ulang rumah: Mengajak anak berpartisipasi merapikan rumah atau menata ulang rumah dengan dekorasi-dekorasi unik dan kreatif

 

berkebun di halaman rumahEnam, Berkebun bersama: Bermain kotor-kotoran selalu menyenangkan anak. Siapkan bibit, biji, pot atau lahan untuk menanam aneka ragam tanaman. Tunjukkan bagaimana menggali tanah, menanam atau menabur bibit. Kegiatan ini mengasah motorik kasar, mengenalkan proses dan sebab akibat, habis itu banjur banjuran air mandi pancuran pake selang air di jamin seru tuch

 

memberi makan hewan mengisi liburanTujuh, Merawat hewan peliharaan: Jika Anda memelihara hewan, di masa liburan, ajak anak terlibat dalam perawatannya. Beri tanggung jawab, dan jadikan hal ini asyik untuk dilakukan, kalo gak punya ajaklah ke kandang atau ke peternakan hewan, beri pengalaman minimal ngasih makan hewan

 

Delapan, Membuat buku cerita sendiri: Siapkan sebuah agenda atau kertas-kertas. Lalu ajak anak Anda untuk menulis dan mengisinya dengan berbagai hal yang mereka suka, bisa tulisan, gambar, atau benda-benda unik yang bisa ditempel. Dengan ide orisinil si kecil, tentunya.

 

Sembilan, Mengecat dinding: Biarkan anak berkreasi dengan warna dan serunya mengecat. Tapi jangan lupa menggunakan masker ya.

 

Sepuluh, Memasak bersama: Memotong dan menyiapkan bahan masakan hingga memrosesnya akan membuat anak lebih mengenal makanan sehari-hari, biasanya inilah paforite emak emak rempong dan anak gadis nya.

 

Sebelas, Berkemah: Ajak saudara atau teman seusia balita. Ajak mereka mendirikan tenda, memasang tikar, menyiapkan makanan. Berkemah akan melatih anak bekerja-sama, mengenal lingkungan, menghadapi dan memecahkan masalah. Bila musim hujan dan jauh dari tempat perkemahan tidak ada salahnya membuat perkemahan sendiri di halaman rumah.

 

Dua Belas, Mencari harta karun: buatlah peta harta karun, lalu tantang anak anak untuk mengumpulkan harta karun tersembunyi berdasarkan petunjuk dari peta harta karun tersebut. selain melatih kerjasama dan logika mereka juga di latih mengenal benda benda

 

Tiga Belas, Membaca dan kegiatan berdasarkan buku: Membaca sebuah buku pilihan anak bersama dan mendiskusikannya adalah hal menarik yang dapat dilakukan dalam keluarga saat liburan. Ayah Ibu bersama anak dapat juga memerankan suatu adegan dalam cerita yang telah dibaca anak. Rekam dengan ponsel dan jadikan salah satu dokumentasi keluarga yang seru.

 

Empat Belas, Tea party: Undang beberapa teman anak ke rumah untuk minum teh. Siapkan teh hangat, gula dengan cangkir-cangkir kecil, biskuit atau cake. Contohkan bagaimana menuang air teh, mengaduk gula, memegang cangkir dan menyeruput teh secara sopan. Kegiatan ini melatih anak menjadi tuan rumah dan belajar etiket minum bersama.

 

Lima Belas, Melukis kaos: Beri anak kaos miliknya yang sudah tidak dipakai dan spidol warna-warni atau kuas dengan aneka warna cat. Kegiatan akan menstimulasi imajinasi, motorik halus, dan estetikanya melalui pemilihan kombinasi dan gradasi warna.

 

Enam Belas, Memilah buku mainan dan baju untuk dibagikan kepada mereka yang kurang beruntung juga bisa menjadi hal seru. Banyak pelajaran berbagi dan empati pula didalamnya. Kegiatan liburan seperti ini bisa di barengkan dengan kegiatan bebersih rumah, sekalian mengurangi tumpukan barang di rumah.

 

Tujuh Belas, Mengejar Target: Apa yang selama ini si kecil ingin lakukan, dan belum bisa? Naik sepeda roda dua, atau berenang? atau menambah hafalan Al Qur’an nya ? Mari wujudkan itu di waktu liburnya!

 

Delapan Belas, Car free day: Ajak anak bersepeda atau jalan-jalan di jalan raya, di tengah kota, di antara gedung pencakar langit, yang biasanya hanya bisa dilalui oleh mobil.

 

Sembilan Belas, Pasar tradisional: Aroma campur aduk dari ikan segar, makanan matang dan sayuran akan memberi anak sensasi penciuman yang berbeda dengan belanja ke swalayan. Selain mengenal uang dan bertransaksi, anak juga mengenal aneka tekstur dengan memegang dan memilih bahan makanan seperti ikan, buah-buahan dan sayur-mayur. Jadikan kesempatan ini untuk mengenalkan anak pada panganan tradisional seperti cenil, tiwul, ketan urab dan sebagainya.

 

Dua Puluh, Permainan tradisional: Ingat petak umpet atau layangan dan kelereng atau gobak sodor ? permainan tradisional ini, asyik dimainkan sore-sore di halaman atau lapangan dekat rumah. Ajak teman-teman anak bermain. Mengasah motorik kasar, sosialisasi dan strategi.

 

museum amazing art 3d lembangDua Puluh satu, Museum: Pilih museum yang bisa membuat anak tertarik seperti Museum Transportasi, di Taman Mini Indonesia Indah, Jakata. Di museum ini anak akan memperoleh informasi tentang beragam alat transportasi yang pernah digunakan dari waktu ke waktu, atau bisa juga  ajak selfie selfie di museum amazing art word

 

Dua puluh dua, Mainan dari tanah liat: Anak-anak memiliki imajinasi yang tinggi dan biasanya suka menciptakan benda-benda unik. Ajaklah anak Anda untuk membuat mainan dari tanah liat dan biarkan mereka bebas berekspresi dan berkarya. sekali sekali ajak mereka ke pusat pembuatan keramik di plered, Purwakarta.

 

Dua puluh tiga, Mengunjungi teman lama atau saudara jauh: Selain menjalin silaturahmi dengan mereka yang sudah lama tak bersua, anak pun belajar bersosialisasi dan mengenal orang baru.

 

Dua puluh empat, Prakarya dari barang bekas: Ada kardus, styrofoam, botol bekas, gulungan tisu yang tak terpakai dirumah? Mari kita buat mainan sendiri dan manfaatkan benda-benda itu. Idenya banyak, kok, dari internet.

 

Dua puluh lima, Belajar fotografi: Ajarkan anak Anda layaknya fotografer, untuk mengambil gambar apa pun yang menurutnya bagus dan Anda juga bisa memintanya untuk mengambil foto Anda.

 

Dua puluh enam, Belajar dongeng: Mendongeng bergantian di rumah, tidak hanya dapat melatih daya motorik otak, khususnya pada anak-anak, tetapi juga meningkatkan kehangatan dalam keluarga.

 

Dua puluh tujuh, Pergi outbond: Sesekali outbond bersama keluarga patut dicoba. Keseruan memanjat pohon, merangkak di bawah jaring dan permainan lain, akan menumbuhkan kerjasama dan rasa saling percaya dalam keluarga.

 

Dua puluh delapan, Mencuci mobil: Bagaimanapun mencuci mobil bersama-sama lebih seru dan menyenangkan. Selain itu juga, membuat lebih cepat selesai, sehingga dapat mengalokasikan waktu untuk aktivitas yang lain.

 

mengunjungi perpustakaanDua puluh Sembilan, Pergi ke perpustakaan: Ada banyak bacaan menarik yang tersedia di perpustakaan. Agar waktu libur juga bisa dimanfaatkan untuk menambah wawasan, membaca bersama keluarga di perpustakaan tampaknya seru untuk dilakukan.

 

Tiga puluh, Bermain dalam gelap: Gelapkan lampu, dan bermainlah dengan senter. Anda bisa membuat pertunjukkan dengan bentuk tangan, atau bahkan membolong-bolongi kertas dan membuat rasi bintang.

 

Tiga puluh satu, Berenang bersama: Bermain air selalu menyenangkan, bukan?

 

Tiga puluh dua, Makan malam di halaman : Bila halaman memadai, sekali-kali buatlah momen menyenangkan bersama keluarga. Gunakan meja kecil untuk makan malam di luar. Untuk penerangan, gunakan lilin. Mintalah anak-anak yang menyiapkan supaya mereka ada kegiatan sejak sore.

 

Tiga puluh tiga, Main game bersama : Bermain game dengan keluarga juga seru dan menyenangkan. Game yang dimaksud tidak harus melulu video game, konsol, atau komputer. Anda dapat membeli board game di toko mainan terdekat. Board game dapat mengasah kreativitas dan kecerdasan anak

 

Tiga puluh empat, Observasi lingkungan sekitar: Berkeliling kompleks dan mencari serangga, dedaunan, bunga, menelitinya satu persatu dan mengenalnya lebih dalam dengan bantuan buku atau internet. Selai itu, belajar sosialisasi dengan mengenal tetangga juga bisa dilakukan.

 

Tiga puluh lima. Belajar sains sederhana: Banyak lho ilmu sains dari sekitar kita. Bisa dengan membuat gunung meletus dari baking soda dan cuka. Atau membuat lava lamp, klo gak tau cara nya lihat saja di youtube banyak panduan nya.

 

Tiga puluh enam, Tukar hadiah: Ajak anak bertukar hadiah dengan Anda. Misalnya pergi ke supermarket bersama, lalu biarkan anak memilih dan membungkus sendiri hadiah untuk Anda. Ceritanya kejutan.

 

Tiga puluh tujuh, Berbagi kue dengan tetangga: Hasil memasak, bisa juga dibagikan ke tetangga atau orang-orang sekitar. Satpam, tukang sapu, tukang sampah, misalnya. Ajak anak membungkusnya dengan rapi lalu berkeliling membagikannya.

demikian lah 37 alternatif kegiatan liburan paling seru paling menyenangkan bersama keluarga, tips ini di susun oleh patriapurwakarta.com dari berbagai sumber

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *